5 Jenis Bisnis Katering di Indonesia, Tidak Cuma Katering Pernikahan


KOMPAS.com
- Sebelum membuka bisnis katering lebih baik kamu tentukan jenis katering yang ingin ditekuni. Penentuan ini memengaruhi juga target market bisnis katering.

“Jadi bisnis katering itu ada beberapa macam. Jadi ada katering industri, rumahan dan jenis-jenis katering lainnya,” jelas Tashya Megananda Yukki selaku Owner Beranda Kitchen sekaligus Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia ( APJI ) DKI Jakarta kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Tashya mejelaskan bahwa jenis katering juga ada yang melayani bidang pernikahan dan transportasi. Berikut selengkapnya 5 jenis bisnis katering di Indonesia.

Baca juga: Tips Tentukan Menu untuk Bisnis Katering, Perhatikan 5 Hal Ini

1. Jasa katering pesta

“Ada juga katering yang fokus untuk orang kantoran, orang pabrik, yang unik itu katering wedding atau pernikahan,” paparnya.

Saat menyediakan katering wedding, pelaku bisnis tak hanya memperhatikan rasa tapi juga dekorasi makanan.

Tashya menyarankan dalam bisnis katering wedding, pelakunya harus belajar mengenai dekorasi makanan agar terlihat indah, unik, dan menarik.

Katering ini melayani pesanan makanan untuk acara tertentu dalam jumlah tertentu. Biasanya dalam jumlah besar yang dihidangkan baik secara prasmanan atau buffet maupun secara a'la carte atau piringan.

Ilustrasi makanan katering.
Ilustrasi makanan katering.

2. Jasa katering rantangan

Jenis katering rantangan melayani penyediaan berbagai menu dalam kemasan rantang. Katering ini ditawarkan untuk konsumen rumah tangga, anak kost, atau karyawan kantor yang membutuhkan makan siang atau makan malam.

Baca juga: Pengalaman Anak Indekos Langganan Katering, Berguna atau Tidak?

Makanan diantar setiap hari dengan menu yang berbeda-beda. Jenis kareting rantangan biasanya menawarkan daftar menu untuk satu bulan.

Konsumen katering rantangan umumnya berlangganan dan pembayarannya pun dilakukan setiap bulan.

3. Jasa katering perusahaan, pabrik, atau industri

Jasa layanan katering ini khusus menyediakan makanan untuk karyawan suatu perusahaan atau pabrik. Bentuk pelayanannya dapat berupa rantangan atau prasmanan.

Jenis katering ini untuk perusahaan atau pabrik yang memiliki banyak karyawan. Selain itu, biasanya waktu kerjanya terbagi beberapa shift.

Ilustrasi katering secara prasmanan.
Ilustrasi katering secara prasmanan.

4. Jasa katering transportasi

Jasa katering khusus transportasi diperuntukkan perusahaan transportasi seperti pesawat, kereta api, kapal laut, maupun bus antar kota atau provinsi.

5. Jasa katering rumah sakit

Katering jenis ini menyediakan makanan untuk pasien rumah sakit. Saat menjalankan katering ini biasanya diawasi ketat oleh ahli gizi yang direkomendasikan dari pihak rumah sakit.

Menu yang disediakan disesuaikan dengan jenis penyakit masing-masing pasien dan kebutuhannya.

Tashya menjelaskan, pelaku bisnis yang telah menjalankan satu jenis katering tertentu akan merasa kesulitan jika berpindah ke jenis katering yang lain.

“Karena setiap jenis katering tersebut sangat berbeda, mulai dari biaya, konsep dan penyajiannya,” jelasnya.

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin