Fasilitas Umum Baru di Kebun Raya Cibodas, Toilet Era New Normal hingga Baby Tafel

TRIBUNTRAVEL.COM - Sesuai dengan anjuran dari pemerintah, Kebun Raya Cibodas (KRC) juga menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan itu tak hanya diberlakukan di kawasan pintu masuk saja, tapi juga di area publik seperti fasilitas umumnya.

Nah belum lama ini Kebun Raya Cibodas merenovasi fasilitas umumnya yakni toilet.

Mengingat toilet adalah salah satu fasilitas umum yang sering dikunjungi wisatawan secara bergantian, Kebun Raya Cibodas membuatnya sesuai dengan tatanan era new normal dan protokol kesehatan.

PT Mitra Natura Raya bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan renovasi toilet umum di KRC dengan menggunakan sumber daya internal dan budget yang terukur.

Agar sesuai tatanan era new normal dan protokol kesehatan, toilet didesain secara elegan, ramah lingkungan, dan berkonsep kering.

Baca juga: Bunga Sakura Mekar di Kebun Raya Cibodas Jadi Favorit Pengunjung untuk Berswafoto

Tak hanya itu, toilet di KRC juga menyertakan unsur edukasi masyarakat yang ramah lingkungan dengan penyediaan sanitasi yang baik.

Ilustrasi pemandangan di Kebun Raya Cibodas
Ilustrasi pemandangan di Kebun Raya Cibodas (Flickr/Martin Alexius)

Sebab, mewujudkan toilet umum yang nyaman, higienis dan ramah lingkungan menjadi standar toilet umum di kawasan konservasi karena dapat mendukung kelestarian kawasan.

Toilet higienis dan bersih yang ada di dalam Kebun Raya Cibodas juga mengoptimalkan air alam dari sumber yang jernih dan bersih.

Tanpa dorongan mesin, air tetap mengalir ke dataran yang lebih rendah.

Pengunjung Kebun Raya Cibodas akan mendapatkan pengalaman baru saat menggunakan fasilitas toilet tersebut.

Dengan konsep toilet kering bersih dan menggunakan lantai kasar, membuatnya menjadi tidak licin sehingga keamanan dan kenyamanan pengunjung terjamin.

Selain itu juga disediakan baby tafel untuk kebutuhan balita.

Terdapat tiga toilet yang diperbarui, yaitu toilet di pintu 1 samping pos security.

Kemudian toilet dekat gedung data, di area masjid dekat Cafe Medinila.

TONTON JUGA:

Satu lagi toilet menuju air terjun Ciismun, didekat cafe garfenia, dekat dari Araucaria Avenue, dimana area ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung Kebun Raya Cibodas untuk berfoto dan menghirup udara sejuk dataran tinggi 1400 meter.

Presiden Direktur PT Mitra Natura Raya sebagai mitra LIPI dalam pengelolaan pelayanan publik di KRC, Hendra Noor Saleh mengingatkan pentingnya rutin membersihkan kamar mandi bagi kesehatan.

Sebab toilet merupakan ruangan yang paling krusial, sehingga saking pentingnya, banyak orang yang mendesain kamar mandi sedemikian rupa agar lebih nyaman saat digunakan.

"Ini merupakan wujud upaya kami dalam peningkatan pelayanan kepada pengunjung Kebun Raya Cibodas. Bagi wanita yang terbiasa merias wajah, saya pastikan akan berlama-lama di dalam toilet era new normal yang ada di Kebun Raya Cibodas," tutur Hendra, Rabu (25/11/2020).

Namun, lanjutnya, untuk menciptakan kenyamanan ini bukan hanya dengan mempercantik ruangan saja, tapi juga dengan menjaga kebersihannya.

"Paling penting adalah bersama menjaga kebersihan toilet. Untuk itu kami mengharapkan partisipasi pengunjung kebun raya agar ikut merawat kebersihan toilet agar bisa dinikamati secara bersama untuk jangka waktu lama," ucap Hendra.

Baca juga: Terapkan Protokol Kesehatan, Kebun Raya Cibodas Punya Fasilitas Baru

Baca juga: Kebun Raya Bogor Tetap Buka di Tengah Pandemi, Protokol Kesehatan Semakin Diperketat

Baca juga: 5 Tempat Wisata Instagramable di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan, Mampir ke Kebun Raya Bogor

Baca juga: 6 Tips Bagi Traveler yang Hendak Liburan ke Kebun Raya Bogor, Patuhi Protokol Kesehatan

Baca juga: Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor dan Cara Melakukan Reservasi Online

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul "Kebun Raya Cibodas Ciptakan Toilet Umum Era New Normal, Higenis Pakai Air Alam yang Jernih".

(TribunTravel.com/Nurul Intaniar)

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin