Akan Diberlakukan di Inggris Mulai 2021, Apa Itu Sistem Imigrasi Berbasis Poin?

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah Inggris menerapkan sistem imigrasi berbasis poin untuk menerima kedatangan warga asing dari berbagai negara mulai tahun depan.

Sistem tersebut memberikan kesempatan untuk warga dari negara manapun untuk tinggal dan bekerja di Inggris.

Pengajuan aplikasi untuk visa pekerja terampil telah dibuka sejak Selasa (1/12/2020).

Itu artinya semua warga yang bertalenta dan memiliki tingkat kecerdasan tinggi di seluruh dunia dapat mendaftar untuk bekerja di Inggris mulai 1 Januari 2021 mendatang.

Lalu apa yang dimaksud dengansistem imigrasi berbasis poin?

Poin akan diberikan untuk tawaran pekerjaan pada tingkat keahlian yang sesuai serta kemampuan berbahasa Inggris dengan gaji minimum.

Sementara visa pekerja terampil akan diberikan untuk mereka yang mendapatkan poin cukup yang telah disepakati.

Baca juga: Pemerintah Resmi Buka Layanan Calling Visa, Ini Bedanya dengan Visa Biasa

Ilustrasi visa Indonesia, Rabu (14/10/2020).
Ilustrasi visa Indonesia, Rabu (14/10/2020). (Flickr/bastamanography)

"Sistem yang sederhana, efektif, dan fleksibel ini akan memastikan pemberi kerja dapat merekrut pekerja terampil yang mereka butuhkan, sekaligus mendorong pemberi kerja untuk melatih dan berinvestasi pada tenaga kerja Inggris," ujar Menteri Dalam Negeri Inggris, Priti Patel, dalam siaran pers yang diterima TribunTravel, Kamis (3/12/2020).

"Kami juga membuka rute bagi mereka yang memiliki bakat luar biasa atau menunjukkan kapabilitas luar biasa di bidang teknik, sains, teknologi, atau budaya," pungkasnya.

Sistem imigrasi berbasis poin ini juga berlaku bagi penduduk Indonesia yang memenuhi kualifikasi.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan, &;Sistem ini mengirimkan pesan ke seluruh dunia bahwa Inggris terbuka untuk bisnis. Kami ingin talenta terbaik dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk berkontribusi pada ekonomi dan masyarakat kami, serta membantu memajukan Inggris, terlepas dari negara mana mereka berasal."

TONTON JUGA:

Biasanya para pekerja akan dibayar sekira 25.600 Pound Britania atau kurang lebih Rp 512 juta per tahun, kecuali tarif yang berlaku untuk pekerjaan tersebut lebih tinggi.

Apabila berminat, aplikasi bisa dibuat secara online dan pelamar perlu memverifikasi identitas serta memberikan dokumennya.

Setelah melengkapi aplikasi serta dokumen, pelamar harus menunggu keputusan dari Inggris yang dalam waktu 3 minggu.

Lebih lanjut lagi, para pelamar harus membayar biaya pendaftaran mulai 610 Pound Britania sampai 1.408 Pound Britania atau setara Rp 11 jutaan sampai Rp 26 jutaan.

Para pelamar juga harus menyiapkan uang untuk biaya perawatan kesehatan sebesar 624 Pound Britania atau setara kurang lebih Rp 11 jutaan per tahun.

Untuk tinggal di Inggris sebelum mulai bekerja, paling tidak siapkan uang 1.270 Poun Britania atau setara kurang lebih Rp 24 jutaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, visa pekerja terampil bisa berlaku sampai 5 tahun.

Selain visa pekerja terampil, ada sejumlah rute visa lainnya yang juga dibuka pada 1 Desember, meliputi:

1. Visa Global Talent untuk orang yang dapat menunjukkan bahwa mereka memiliki bakat luar biasa atau komitmen luar biasa di bidang sains, teknik, humaniora, kedokteran, teknologi digital atau seni dan budaya

2. Visa Inovator untuk seseorang yang ingin mendirikan bisnis di Inggris berdasarkan ide bisnis yang inovatif, layak dan dapat diskalakan

3. Visa Start-up bagi seseorang yang ingin mendirikan bisnis di Inggris untuk pertama kalinya

4. Visa Transfer Intra-perusahaan, yang diperuntukkan bagi pekerja yang akan dipindahkan oleh tempat mereka bekerja untuk melakukan pekerjaan terampil di Inggris
Rute Pelajar dan Pelajar Anak telah dibuka pada 5 Oktober 2020 untuk pelajar internasional dari seluruh dunia yang memenuhi syarat.

Baca juga: Apa Bedanya Calling Visa dengan Visa Biasa?

Baca juga: 13 Jemaah Indonesia Positif Hasil Tes PCR, Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah

Baca juga: Tak Ada Visa Unlimited, Ini 5 Jenis Izin Tinggal yang Berlaku di Arab Saudi

Baca juga: Apakah Semua Keluarga Kerajaan Perlu Visa untuk Bepergian ke Luar Negeri?

Baca juga: Mauritius Luncurkan Visa Baru untuk Pekerja Jarak Jauh dan Turis, Berlaku Selama Setahun

(TribunTravel.com/Nurul Intaniar)

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin