Ratusan Tulang Manusia Ditemukan di Sebuah Menara Kuno, Ini Kisah di Baliknya

TRIBUNTRAVEL.COM -Sekilas tidak ada yang aneh dengan menara yang ada di kawasan Mexico City ini.

Namun ketika kamu masuk ke dalamnya, kamu akan dihadapkan dengan ratusan tulang belulang manusia.

Arkeolog Meksiko pada Jumat (11/12/2020) mengatakan, mereka menemukan tulang-belulang 119 orang termasuk wanita dan anak-anak, di menaratengkoraksukuAztecyang berusia ratusan tahun.

Penemuan terbaru ini diumumkan setelah sisi timur Huei Tzompantli, nama situs itu, ditemukan bersama fasad luar lima tahun setelah sisi timur lautnya ditemukan.

Dikutip dariAFP, para arkeolog percaya bahwa tengkorak-tengkorak itu milik prajurit musuh yang ditangkap, dan menara dibuat sebagai peringatan bagi saingan kekaisaran Aztec, yang digulingkan oleh penjajah Spanyol pada 1521.

Beberapa tulang-belulang juga kemungkinan adalah sisa orang-orang yang dibunuh dalam ritual tumbal persembahan bagi para dewa, menurut pakar-pakar yang dikutip dalam pernyataan dari National Anthropology and History Institute.

"Walau kami tidak bisa menentukan berapa banyak orang-orang ini yang prajurit, mungkin beberapa adalah tawanan yang disisakan untuk upacara tumbal," ucap arkeolog Barrera Rodriguez.

Menara dengan diameter 4,7 meter ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-15.

Situs ini berlokasi di kawasan Templo Mayor, salah satu kuil utama ibu kota Aztec, Tenochtitlan, di Mexico City.

Foto selebaran yang diambil pada 22 September 2020 dan dirilis pada 11 Desember 2020 oleh Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH) yang menunjukkan penemuan terbaru oleh arkeolog Meksiko dari ujung timur dan fasad luar Huei Tzompantli (“dinding skulls ”) yang berasal dari, setidaknya, antara 1486 dan 1502, di Mexico City. Huei Tzompantli adalah menara atau dinding melingkar dari tengkorak manusia dengan diameter 4,7 meter, yang ujung timur lautnya telah ditemukan pada tahun 2015. Sejauh ini 119 tengkorak telah dihitung di sisi timur, menambahkan hingga 484 tengkorak yang telah diidentifikasi sebelumnya.
Foto selebaran yang diambil pada 22 September 2020 dan dirilis pada 11 Desember 2020 oleh Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH) yang menunjukkan penemuan terbaru oleh arkeolog Meksiko dari ujung timur dan fasad luar Huei Tzompantli (&;dinding skulls &;) yang berasal dari, setidaknya, antara 1486 dan 1502, di Mexico City. Huei Tzompantli adalah menara atau dinding melingkar dari tengkorak manusia dengan diameter 4,7 meter, yang ujung timur lautnya telah ditemukan pada tahun 2015. Sejauh ini 119 tengkorak telah dihitung di sisi timur, menambahkan hingga 484 tengkorak yang telah diidentifikasi sebelumnya. (INAH / AFP)

Secara total lebih dari 600 tengkorak kini telah ditemukan di situs tersebut, yang oleh otoritas Meksiko digambarkan sebagai salah satu penemuan arkeologi terpenting "Negeri Sombrero" dalam beberapa tahun.

"Di setiap pijakan, Templo Mayor terus mengejutkan kami," ungkap Menteri Kebudayaan Alejandra Frausto.

"Huei Tzompantli tak diragukan lagi adalah salah satu temuan arkeologi paling mengesankan di negara kami dalam beberapa tahun terakhir," lanjutnya.

Temuanmenara tengkorakini juga mengindikasikan di Mesoamerika, tumbal manusia dipandang sebagai cara untuk memastikan kelangsungan alam semesta.

Dengan alasan itu pula, para ahli menganggap menara tengkoraksuku Aztecsebagai bangunan kehidupan, bukan kematian.

Baca juga: Jalanan Berisi Tulang Manusia yang Berserakan Viral di Medsos, Asalnya Masih Jadi Perdebatan

Baca juga: Menelusuri Jejak Misteri Catacombs, Terowongan Berisi Tulang Manusia di Paris

Baca juga: Fakta Unik Chapel of the Macabre, Biara di Ceko yang Berisi Ribuan Tulang Manusia

Baca juga: Chapel of the Macabre, Biara di Republik Ceko yang Berisi Ribuan Tulang Manusia Sebagai Interiornya

Baca juga: Ngeri! Inilah 3 Kuburan Air yang Menyimpan Banyak Tulang Manusia, Asalnya Masih Misterius

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Temuan Menara Tengkorak Berisi Ratusan Tulang Manusia, Termasuk Wanita dan Anak-anak

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin