11 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Dunia, Mulai Padusan hingga Menembakkan Meriam

TRIBUNTRAVEL.COM - Setiap Ramadan tiba, adabeberapa tradisi unik yang dilakukan masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Ya, bulan Ramadan menjadi bulan kemenangan bagi umat Islam di dunia.

Maka tak heran jika umat Islam menyambutnya dengan penuh suka cita dan melakukan beberapa tradisi yang cukup unik.

Mulai dari membersihkan diri hingga menabuh genderang menjadi tradisi unik Ramadan di dunia.

&; Ilabulo, Kuliner Gorontalo yang Mirip Pepes dan Jadi Menu Buka Puasa Favorit Saat Ramadan

Melansir laman The Culture Trip, Selasa (5/5/2020), berikut beberapa tradisi unik Ramadan di dunia:

1. Ritual pembersihan menandai Ramadan di Indonesia

Tradisi Padusan yang dilakukan menyambut Bulan Ramadan
Tradisi Padusan yang dilakukan menyambut Bulan Ramadan (instagram/solohitsgram)

Di seluruh Indonesia, umat Islam melakukan berbagai ritual untuk 'membersihkan' diri mereka pada hari sebelum Ramadan.

Beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur mempertahankan tradisi pemurnian yang disebutpadusan(artinya 'mandi' dalam dialek Jawa), di mana Muslim Jawa terjun di mata air, membasahi tubuh mereka dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Padusanadalah bukti sintesis agama dan budaya di Indonesia.

Mata air memegang makna spiritual yang dalam dalam budaya Jawa dan merupakan bagian integral dari pemurnian untuk bulan suci.

Praktik ini diyakini telah disebarkan oleh Wali Songo, yang merupakan misionaris pertama yang mengkomunikasikan ajaran Islam di seluruh Jawa.

2. Tembakan Meriam di Lebanon

Penembakkan meriam sebagai tanda buka puasa di Timur Tengah
Penembakkan meriam sebagai tanda buka puasa di Timur Tengah (ahad.co.id)

Di banyak negara di Timur Tengah, meriam ditembakkan setiap hari selama bulan Ramadan untuk menandai akhir puasa hari itu.

Tradisi ini, yang dikenal sebagaimidfa al iftar, yang sudah ada di Mesir lebih dari 200 tahun yang lalu, ketika negara itu diperintah oleh penguasa Ottoman Khosh Qadam.

Saat menguji meriam baru saat matahari terbenam, Qadam secara tidak sengaja menembakkannya, dan suara yang bergema di seluruh Kairo mendorong banyak warga sipil untuk menganggap bahwa ini adalah cara baru untuk menandai akhir puasa.

Banyak yang berterima kasih kepadanya atas inovasinya, dan putrinya, Haja Fatma, mendesaknya untuk menjadikan ini tradisi.

Praktek ini berjalan ke banyak negara di Timur Tengah termasuk Lebanon, di mana meriam digunakan oleh Ottoman untuk menandaiberbuka puasa diseluruh negara.

Tradisi itu dikhawatirkan hilang pada 1983 setelah invasi yang menyebabkan penyitaan beberapa meriam, kemudian dianggap senjata.

Tapi itu dihidupkan kembali oleh Tentara Lebanon setelah perang dan berlanjut hingga hari ini, membangkitkan nostalgia di kalangan generasi yang lebih tua yang dapat mengingat Ramadan masa kecil mereka.

3. Anak-anak bernyanyi untuk permen di UEA

Permen dan manisan
Permen dan manisan (pexels.com)

Seringkali dibandingkan dengan kebiasaan Barat dalam trik-or-treat, tradisihaq al lailaterjadi pada tanggal 15sha'ban, bulan sebelum Ramadan.

Saat itu,anak-anak berkeliaran mengenakan pakaian yang cerah, mengumpulkan permen dan kacang-kacangan dalam tas jinjing yang dikenal sebagaikharyta, sambil menyanyikan lagu-lagu lokal tradisional.

NyanyianAatona Allah Yutikom, Bait Makkah Yudikum, yang diterjemahkan dari bahasa Arab ke 'Berikan kepada kami dan Allah akan membalas Anda dan membantu Anda mengunjungi Rumah Allah di Mekkah', bergema di jalan-jalan ketika anak-anak dengan bersemangat mengumpulkan hadiah mereka.

Di Uni Emirat Arab, perayaan ini dianggap integral dengan identitas nasional Emirat.

4. Wanita berkumpul pada malam Idul Fitri di Pakistan

Henna
Henna (Silk ; Stone)

Ketika penampakan bulan baru menandai akhir Ramadan dan awal Idul Fitri, maka mulailah perayaan Chaand Raat di Pakistan.

Setelahberbuka puasaterakhir, berbondong-bondong wanita dan gadis berbondong-bondong ke pasar lokal untuk membeli gelang warna-warni dan untuk melukis tangan dan kaki mereka denganhenna.

Mengingat tradisi ini, penjaga toko menghiasi kios mereka dan tetap buka sampai dini hari.

Wanita lokal mendirikan tokohenna darurat dekat dengan toko perhiasan, sehingga mereka dapat menarik pelanggan berbelanja dan melukis pacar di tempat.

Suasana di pasar ramai saat Chaand Raat adalah salah satu semangat komunitas, hidup dan gembira untuk mengantisipasi Idul Fitri pada hari berikutnya.

5. Adanya nafar di Maroko

Selama bulan Ramadan, lingkungan Maroko dijelajahi olehnafar, penjagakota yang mengenakan pakaian tradisional gandora, sandal dan topi, menandai dimulainya fajar dengan melodinya.

Dipilih oleh warga kota karena kejujuran dan empatinya,nafarberjalan menyusuri jalan sambil meniup terompet untuk membangunkan mereka untuksahur.

Tradisi ini, yang menyebar ke Timur Tengah ke Maroko, dimulai pada abad ketujuh, ketika seorang sahabat Nabi Muhammad akan berkeliaran di jalan-jalan saat fajar menyanyikan doa-doa merdu.

Ketikamusiknafarmenyapu kota, itu disambut dengan rasa terima kasih dan terima kasih, dan ia secara resmi dikompensasi oleh masyarakat pada malam terakhir bulan Ramadan.

6. 'Pengamat bulan' menandai Idul Fitri di Afrika Selatan

Tim rukyah Pamekasan  melihat hilal atau bulan baru.
Tim rukyah Pamekasan melihat hilal atau bulan baru. (KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMAN)

Akhir Ramadan ditandai dengan penampakan bulan sabit pertama dari bulan.

Meskipun ini dipraktikkan di seluruh dunia, keunikan tradisi ini di Afrika Selatan diilustrasikan olehmaan kykers(seorang Afrika untuk 'pengamat bulan').

Muslim dari seluruh Afrika Selatan menuju ke acara di Cape Town untuk mencari bulan baru.

Tetapi hanyamaan kykers, yang ditunjuk oleh Dewan Pengadilan Muslim Afrika Selatan, yang dapat menyatakan penampakan resmi.

Mereka kemudian berdiri di sepanjang pantai di Sea Point Promenade, Three Anchor Bay atau, di atas Signal Hill, untuk memberi tahu komunitas Muslim bahwa Idul Fitri ada pada mereka.

Bulan harus terlihat oleh mata telanjang, dan pada malam yang jernih di Cape Town.

7. Penabuh genderang mengumumkan sahur di Turki

Sejak zaman Kekaisaran Ottoman, mereka yang puasa selama bulan Ramadan telah bangun dengan suara drum yang memukul di pagi hari untuksahur.

Terlepas dari berlalunya waktu (dan terlepas dari penemuan jam alarm), lebih dari 2.000 drummer masih berkeliaran di jalan-jalan Turki, menyatukan komunitas lokal selama bulan suci.

Penabuh genderang mengenakan kostum tradisional Ottoman, termasuk bulu dan rompi yang keduanya dihiasi dengan motif tradisional.

Ketika mereka berkeliling dengandavulmereka(drum berkepala dua Turki), para drumer Ramadan mengandalkan kemurahan hati penduduk untuk memberi mereka tip (bahşiş) atau bahkan mengundang mereka untuk berbagimakanansahurmereka.

Bahşişbiasanya dikumpulkan dua kali dalam bulan suci, dengan banyak pemberi percaya mereka akan menerima keberuntungan imbalan untuk kebaikan mereka.

Baru-baru ini, para pejabat Turki telah memperkenalkan kartu keanggotaan untuk pemain drum untuk menanamkan rasa bangga pada mereka yang bermain, dan untuk mendorong generasi muda untuk menjaga tradisi kuno ini tetap hidup di negara yang cepat berubah.

8. Orang Mesir menyalakan lentera berwarna-warni selama bulan Ramadan

Ilustrasi
Ilustrasi (Pinterest)

Setiap tahun, orang-orang Mesir menyambut Ramadan denganlenteraberwarna-warni yang penuhsemangatyang melambangkan persatuan dan sukacita sepanjang bulan suci.

Meskipun tradisi ini lebih bersifat budaya daripada agama, tradisi ini sangat terkait dengan bulan suci Ramadan, yang memiliki signifikansi spiritual.

9. Para pria berkumpul untuk permainan mheibes di Irak

Pada dini hari malam, setelah berbuka puasa, generasi orang di seluruh Irak berkumpul untuk permainan tradisionalmheibes.

Sebagian besar dimainkan oleh para pria selama bulan Ramadan, permainan ini melibatkan dua kelompok yang terdiri dari sekitar 40 hingga 250 pemain, yang semuanya bergiliran untuk menyembunyikan mheibesatau cincin.

Sebuah permainan penipuan,mheibesdimulai dengan pemimpin tim memegang cincin, tangannya terbungkus selimut.

Anggota lain harus duduk dengan tinju mereka erat-erat di pangkuan mereka, saat pemimpin memberikan cincin kepada salah satu pemain lain secara rahasia.

Dalam pertarungan yang tegang, lawan mereka harus menentukan yang mana dari lusinan pria yang menyembunyikan cincin melalui bahasa tubuh saja.

10. Seheriwalamengumumkan sahur di India

Seheriwala (Times of India)

Seheriwalaatauzohridaardari Delhi adalah bagian dari tradisi Muslim yang telah bertahan dalam ujian waktu dan mewakili budaya Mughal tua kota dan warisan.

Selama bulan suci Ramadan, paraseheriwalaberjalan di jalan-jalan kota, meneriakkan nama Allah dan Nabi, untukmembangunkanumat Islam untuksahur.

Praktek yang sudah berusia berabad-abad ini masih dilakukan di bagian-bagian Old Delhi, khususnya di lingkungan-lingkungan dengan populasi Muslim yang tinggi.

Mereka memulai putaran mereka sejak pukul 2.30 pagi dan sering membawa tongkat untuk mengetuk pintu dan dinding rumah.

Bagi sebagian besarseheriwala, tradisi ini diturunkan dari generasi ke generasi dalam keluarga.

Meskipun jumlahnya berkurang, praktik ini masih lazim di Old Delhi.

11. Muslim Roma melakukan balada di Albania

Selama berabad-abad, anggota komunitas Muslim Roma, yang berasal dari Kekaisaran Ottoman, telah mengumumkan awal dan akhir puasa dengan lagu-lagu tradisional.

Setiap hari selama bulan Ramadan, mereka akan berjalan mondar-mandir di jalan-jalan memainkanpondok buatan sendiri yang merupakan drum silinder berujung dua yang dilapisi kulit domba atau kambing.

Keluarga Muslim akan sering mengundang mereka ke dalam rumah mereka untuk memainkan balada tradisional untuk merayakan dimulainyabuka puasa.

LIHAT JUGA:

Meski begitu, belum diketahui apakah tradisi-tradisi tersebut tetap dilakukan di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Sementara di Indonesia, tradisi padusan ditiadakan mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk berkerumun.

&; Jadi Buah Favorit Saat Bulan Ramadan, Ini 7 Manfaat Blewah Bagi Kesehatan

&; Rekomendasi 12 Takjil Lezat di Bulan Ramadan, Ada Ketan Bintul hingga Kue Lapis

&; Segarnya Ce Hun Tiaw, Minuman Khas Pontianak yang Jadi Favorit saat Bulan Ramadan

&; Fakta Unik Kicak, Kue Khas Ramadan yang Bisa Ditemukan di Kampung Kauman Jogja

&; Masih Pandemi, Marriott International Hadirkan Pengalaman Ramadan Dekat di Rumah

(TribunTravel.com/Ratna Widyawati)

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin