Dua Maskapai Ini Akan Menggunakan Aplikasi Travel Pass, Apa Fungsinya?

TRIBUNTRAVEL.COM - Etihad Airways dan Emirates bekerja sama dengan International Air Transport Association (IATA) untuk menggunakan Travel Pass.

Travel Pass merupakan sebuah aplikasi seluler yang memungkinkan para pelancong untuk menyimpan ataupun berbagi sertifikat tes dan vaksin COVID-19 dengan maskapai penerbangan dan pemerintah.

Melansir laman The National, Rabu (20/1/2021), Etihad Airways mengatakan bahwa penumpangnya akan dapat menggunakan paspor kesehatan digital tersebut pada kuartal pertama tahun ini.

Jika uji coba itu berhasil, Travel Pass akan diperpanjang ke tujuan lain di jaringan Etihad Airways, kata maskapai itu.

"Prioritas tinggi Etihad Airways adalah agar para penumpang kami memiliki cara yang mudah, aman dan efisien untuk mengidentifikasi dan memverifikasi informasi mereka," kata Mohammad Al Bulooki, kepala operasi Etihad Aviation Group.

Sementara itu, Emirates akan menguji Travel Pass sebelum sepenuhnya digunakan di seluruh jaringannya, kata maskapai itu.

Baca juga: Emirates Mulai Melakukan Vaksinasi Seluruh Karyawan yang Berbasis di Uni Emirat Arab

Fase pertama akan dimulai di Dubai pada bulan April 2021 untuk memungkinkan validasi tes PCR COVID-19 sebelum keberangkatan.

"Kami telah bekerja dengan IATA dalam solusi inovatif ini untuk menyederhanakan dan mengirimkan informasi secara digital yang diperlukan oleh negara dan pemerintah ke dalam sistem maskapai kami, dengan cara yang aman dan efisien," kata Adel Al Redha, chief operating officer Emirates.

IATA mengatakan Travel Pass akan memungkinkan perbatasan dibuka kembali dengan aman.

Selain itu, aplikasi tersebut akan menggantikan tindakan karantina dengan menawarkan cara yang diterima secara global untuk memverifikasi tes COVID-19 dan sertifikat vaksin.

"Kami berkomitmen untuk membangun tiket perjalanan modular yang fungsinya akan bekerja secara hemat biaya dengan solusi lain," kata direktur jenderal IATA. Alexandre de Juniac, pada 18 Januari lalu.

"Dan kami membutuhkan pemerintah untuk berkomitmen menerima standar global yang memungkinkan hal ini," imbuhnya.

Ilustrasi maskapai penerbangan Etihad Airways
Ilustrasi maskapai penerbangan Etihad Airways (Flickr/ ERIC SALARD)

Terbang dengan aman selama pandemi

Emirates dan Etihad Airways bergabung dengan Singapore Airlines dalam memperkenalkan kartu verifikasi kesehatan digital.

Singapore Airlines mengatakan bahwa maskapainya merupakan operator pertama yang menguji Travel Pass IATA.

Layanan ini awalnya ditawarkan mulai 23 Desember untuk penumpang yang terbang dari Jakarta atau Kuala Lumpur ke Singapura.

Maskapai tersebut mengatakan akan memperluas layanan ke kota-kota lain di jaringan tujuan jika uji coba berhasil.

"Tujuan kami adalah memberikan kepercayaan kepada semua pemerintah untuk membuka kembali perbatasan bagi para pelancong berdasarkan vaksin terverifikasi dan data pengujian," kata Nick Careen, wakil presiden senior operasi bandara, penumpang, kargo dan keamanan IATA.

IATA, yang mewakili sekitar 280 maskapai penerbangan di seluruh dunia, telah mendesak pemerintah untuk mengganti tindakan karantina yang menghambat lalu lintas dengan pengujian COVID-19.

Aplikasi seluler IATA akan berisi daftar persyaratan masuk, daftar pusat tes atau vaksin, dan identitas digital untuk memverifikasi pemilik sertifikat.

Ini akan memungkinkan penumpang untuk mengunggah sertifikat tes atau vaksin dengan aman di ponsel mereka dan membagikannya ketika diminta untuk melakukannya.

IATA mengatakan, pelancong tetap dapat mengontrol data mereka dan privasi mereka akan dilindungi karena Travel Pass tidak menyimpan informasi apapun secara terpusat.

"Interoperabilitas bukan hanya tentang apa yang kami bangun. Ini juga tergantung pada apa yang akan diterima pemerintah," kata de Juniac.

"Terlalu sering, pemerintah memilih untuk mengambil jalan mereka sendiri daripada mengadopsi standar global yang telah ditetapkan. Kami tidak dapat menanggung penundaan dan kerumitan yang akan ditimbulkannya," tambahnya.

IATA berharap, hadirnya Travel Pass akan menghidupkan kembali permintaan perjalanan penumpang.

Baca juga: Maskapai Emirates Menangguhkan Seluruh Penerbangan ke 3 Kota Besar di Australia

Baca juga: Pilot Emirates Diskors karena Tolak Terbangkan Pesawat ke Israel: Saya Tidak Menyesal

Baca juga: Maskapai Emirates Menangguhkan Seluruh Layanan Penerbangan ke Afrika Selatan

Baca juga: Emirates dan Etihad Batalkan Penerbangan ke Arab Saudi, Oman, dan Kuwait, Ini Penyebabnya

Baca juga: Etihad Airways Luncurkan Gelang Elektronik untuk Bantu Terapkan Aturan Karantina

(TribunTravel.com/Muhammad Yurokha M)

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin