Mau Coba Wisata Antimainstream? Coba Datang ke Goa Sigalapang Sumatera Utara

TRIBUNTRAVEL.COM - Mencari tempat wisata untuk liburan akhir pekan kini terbilang cukup gampang.

Hal itu dikarenakan sudah banyaknya destinasi populer yang hadir di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Sumatera Utara.

Akan tetapi buat kamu yang suka dengan wisata penuh tantangan, kamu bisa mencoba datang ke tempat wisata yang antimainstream di Sumatera Utara.

Ada rekomendasi tempat wisata antimainstream yang bisa kamu kunjungi, yaitu Goa Sigalapang.

Goa Sigalapang sangat dianjurkan untuk wisatawan yang mencari destinasi wisata berpetualang.

Selain perjalanan yang ekstra menantang, keberanian untuk menyusur hutan belantara yang indah pun harus dimaksimalkan.

Baca juga: TRAVEL UPDATE: Berwisata Sembari Belajar Sejarah di Taman Mayura Lombok

"Goa Sigalapang ini merupakan tujuan wisata alam yang berada di lintas tiga kabupaten yaitu, Labura, Asahan, dan Tobasa," ucap Septian, seorang pengunjung Goa Sigalapang, Senin (15/2/2021).

Saat wisatawan tiba di depan pintu masuk, atmosfer alam akan langsung terasa begitu sangat alami dan membuat setiap orangnya tidak bersabar untuk menikmati wisata destinasi khusus air ini.

Goa Sigalapang, tempat wisata antimainstream di Sumatera Utara
Goa Sigalapang, tempat wisata antimainstream di Sumatera Utara (TRIBUN MEDAN/ANIL)

Saat tiba di lokasi, wisatawan akan sedikit mengeluarkan tenaga cukup ekstra, karena untuk sampai di goa, wisatawan akan melakukan tracking di medan jalan yang turunan.

"Cukup menantang treknya. Butuh stamina yang kuat dan prima. Pulangnya yang biasa terasa lelah sekali. Jangan lupa bawa bekal seperti makanan dan minuman," ujar Septian.

Saat tiba di Goa Sigalapang, wisatawan tak perlu lama-lama untuk beristirahat.

Mengapa? Karena aliran air sungai yang hijau dan segar, membuat setiap orang wisatawan tak sabar untuk segera untuk disusuri dan direnangi.

"Pengelola sudah menyediakan rakit atau kapal kecil yang bisa dinaiki pengunjung untuk menyusuri sungai. Tebing berwarna hitam yang tinggi, mengapit kedua sisi aliran sungai tersebut," ujar Septian.

"Setiap orangnya juga akan dipakaikan pelampung saat menaiki rakit. Begitu juga dengan guide yang siap membantu kita selama berada di atas rakit atau kapal kecil. Untuk menikmati susur sungai ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu per orang," sambungnya.

Serunya aktifitas kian bertambah saat wisatawan menyaksikan air terjun yang jatuh membasahi sekujur tubuh dari atas tebing sekira 10 meter.

Menikmati Goa Sigalapang, setiap orang wisatawan akan dikenakan biaya retribusi sebagai uang tiket masuk sebesar Rp 5 ribu.

Goa Sigalapang berada tepat di Asahan, Labura, Jalan Lintas Sumatera, Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Wisatawan yang tertarik mengunjungi lokasi, bila berangkat dari pusat Kota Medan akan melakukan perjalanan selama enam jam perjalanan darat dengan jarak tempuh 243 kilometer. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Baca juga: TRAVEL UPDATE: Umbul Besuki, Wisata Air di Klaten yang Lokasinya Dekat Umbul Ponggok

Baca juga: TRAVEL UPDATE: Libur Panjang Tahun Baru Imlek, Umbul Besuki Sepi Kunjungan Wisatawan

Baca juga: 3 Cara Terbaik menuju Flora Wisata San Terra, Bisa Sewa Mobil saat Bersama Rombongan

Baca juga: Promo Terbaru Flora Wisata San Terra Februari 2021, Diskon Khusus Rombongan

Baca juga: TRAVEL UPDATE: Pesona Bukit Geulis, Wisata Alam di Bogor yang Tawarkan Spot Foto Instagramable

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul "Goa Sigalapang, Wisata Alam Susur Sungai yang Diapit Tebing Tinggi dan Eksotis".

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin