Bantu Mitra Hadapi Pandemi, Grab Gandeng BRI Hadirkan Fasilitas Pinjaman Khusus


KOMPAS.com –
Di masa pandemi virus Covid-19 saat ini, pekerja harian menjadi salah satu pihak yang terkena imbasnya, terutama pada aspek ekonomi. Kebijakan physical distancing dan bekerja dari rumah, otomatis berdampak pada penghasilan mereka.

Menyadari hal tersebut, Grab Indonesia dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Bank BRI) berkolaborasi meluncurkan fasilitas pinjaman bunga ringan untuk mitra pengemudi Grab, mitra merchant GrabFood, dan mitra GrabKios.

Melansir keterangan tertulis, Rabu (13/5/2020), fasilitas pinjaman berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) tersebut diberikan guna meringankan beban finansial para mitra Grab yang terkena dampak selama pandemi Covid-19.

“Kami memahami, pekerja harian dan pelaku UMKM seperti mitra pengemudi Grab adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini,” ucap Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

Baca juga: Minggu Ketiga Ramadhan, Grab Motivasi Pengguna untuk Berpuasa Sambil Menikmati Beragam Layanannya

Menurut dia, fasilitas pinjaman bunga ringan itu merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para pengemudi dan pelaku UMKM yang merupakan mitra Grab.

Handayani menambahkan, penyaluran pinjaman tersebut dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian, yakni melakukan assessment terkait besaran kebutuhan sesungguhnya mitra Grab.

“Kami juga bekerjasama dengan Grab agar seluruh mitra yang mengambil fasilitas ini telah memenuhi seluruh persyaratan minimum, seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Grab.” imbuhnya.

Untuk tahap awal, 1.000 mitra pengemudi Grab di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi akan dapat mengakses fasilitas pinjaman bunga ringan itu.

Mitra pengemudi yang mendaftarkan diri bisa memperoleh pinjaman hingga Rp 5 juta dengan suku bunga terjangkau serta masa pinjaman selama 24 bulan.

Baca juga: OVO, Tokopedia, Grab Serahkan Paket Sembako Pertama kepada Komunitas Gusdurian

Selama tiga bulan pertama, para mitra pengemudi Grab pun akan dibebaskan dari pembayaran cicilan. Setelah itu, proses pembayaran pinjaman akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra.

Bagi mitra pengemudi yang membuka rekening Britama untuk pinjaman, mereka juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250 persen nilai saldo atau maksimum coverage hingga Rp 150 juta.

Salah satu mitra GrabFood.
Salah satu mitra GrabFood.

Sementara itu, mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios produktif yang belum mendapatkan akses kredit ke bank pun bisa mengakses KUR tersebut.

Mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios yang ingin mengajukan kredit, aplikasinya akan diproses setelah melalui screening awal yang dilakukan oleh Grab berdasarkan data kinerja mereka.

Sebagai informasi, KUR adalah program inklusi keuangan pemerintah dan BRI dengan nilai pinjaman hingga Rp 50 juta. Suku bunganya sangat rendah, yaitu 6 persen per tahun dengan masa pinjaman selama 1-3 tahun.

Baca juga: Kerja Sama dengan Grab, Kemenparekraf Sediakan Transportasi untuk Tenaga Medis RS Rujukan Covid-19

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, Grab percaya penggunaan teknologi dengan baik dapat membawa manfaat positif bagi banyak orang.

Untuk itu, Grab akan terus berinovasi dan mengembangkan berbagai cara untuk membantu mitra Grab dalam menghadapi situasi pandemi saat ini.

Terkait kolaborasi dengan BRI, Neneng mengatakan, pihaknya bersyukur memiliki bank BRI sebagai mitra strategis, yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini.

“Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini,” jelas Neneng.

Program bantuan bisnis

Selain itu, Grab juga senantiasa mengajak mitra bisnisnya bersama-sama mengumpulkan sumber daya dan memperluas inisiatif bantuan kepada mitra pengemudi, mitra merchant GrabFood dan mitra GrabKios yang terdampak pandemi corona.

Salah satunya dengan mengembangkan Program Bantuan Bisnis Mitra GrabFood, yaitu program untuk membantu mereka melalui masa sulit dengan memanfaatkan berbagai perangkat dan layanan GrabFood.

Menurut Neneng, program itu merupakan salah satu inisiatif baru yang dapat memberi kemudahan dan ketenangan bagi mitra Grab dalam beroperasi.

Program yang berjalan selama tiga bulan tersebut ditujukan untuk mendukung para mitra Grab dalam menghemat biaya dan meningkatkan permintaan dari pelanggan.

Adapun manfaat yang diterima mitra restoran lewat Program Dukungan Merchant, yaitu pendapatan tambahan melalui peningkatan visibilitas dalam aplikasi, promosi khusus, dan kategori khusus untuk restoran lokal.

Manfaat lainnya adalah mengurangi biaya operasional melalui program cashback untuk bahan makanan umum dan diskon pada kemasan makanan.

“Harapannya, kita semua dapat menghadapi situasi ini dan bangkit bersama-sama. Ini merupakan tugas kita bersama. #KitaVSCorona,” papar Neneng.

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin