Sejumlah BUMN Mulai Terapkan Skenario New Normal

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kini mulai memberlakukan skenario new normal mengikuti surat edaran Kementerian BUMN yang salinannya sempat beredar di kalangan jurnalis Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk misalnya, telah menerapkan serangkaian protokol khusus unit Business Continuity Management (BCM) untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 bagi nasabah, mitra bisnis, pegawai dan pemangku kepentingan lain.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar, Protokol tersebut saat ini telah disosialisasikan melalui kanal media komunikasi Bank Mandiri di seluruh kantor-kantor utama maupun cabang yang tersebar di Indonesia maupun negara lain.

Baca: Banyak Kasus Gagal Bayar Koperasi, Indef: Fungsi Pengawasan Kemenkop Lemah

&;Protokol yang telah diterapkan antara lain penggunaan masker oleh karyawan, thermogun untuk mengetahui suhu tubuh nasabah, tamu dan karyawan, penempatan hand sanitizer,&; kata Royke dalam keterangan, 17 Mei 2020.

Baca: Hasil Audit BPK Temukan Pembiayaan LPEI Tak Sesuai Prinsip Tata Kelola

Sementara itu pegawai front office wajib menggunakan sarung tangan dan masker.

&;Perusahaan menyediakan antar jemput pegawai, posko kesehatan, memasang jarak antrian antar nasabah serta memasang penyekat meja acrilyc di teller dan customer service,&; terangnya.

Baca: Hikmah Pandemi Corona di Mata Natasha Rizky: Bisa 24 Jam Full Jalani Peran Istri dan Juga Ibu

PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga bersiap untuk menyambut skenario The New Normal di lingkungan KAI sebagai tindak lanjut arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

&;Saat ini kami sedang mempersiapkan protokol untuk mengantisipasi skenario penerapan The New Normal di KAI," Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo secara tertulis, 17 Mei 2020.

Didiek menjelaskan, protokol tersebut akan mengatur langkah-langkah dan tahapan yang akan diterapkan oleh KAI mulai 25 Mei 2020.

Baca: Lebaran, Kendaraan Menuju Rest Area Akan Dibatasi, Istirahat Maksimal 30 Menit

Sektor BUMN Tambang, PT Bukit Asam (Persero) Tbk pun menyiapkan skenario menyambut new normal.

Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin mengatakan sedang menyiapkan protokol Covid-19 untuk skenario The New Normal pada BUMN sebagaimana dimaksud dalam surat Kementerian BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tertanggal 15 Mei 2020.

&;Ini yang lebih prioritas, protokol Covid-19 akan disiapkan oleh Tim Task Force yang kami bentuk. Tim ini juga akan menyusun timeline pelaksanaan skenario The New Normal di Bukit Asam," ujar Arviyan.

Hal yang sama juga dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) dalam menjalankan protokol kesehatan tersebut untuk tiga aktivitas utama di bandara yaitu operasional bandara, pelayanan, dan komersial.

"Sesuai arahan menteri BUMN, setiap BUMN termasuk PT Angkasa Pura II saat ini sudah diminta mempersiapkan protokol untuk mengantisipasi The New Normal di tengah Covid-19 sejalan dengan bidang usaha masing-masing," ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin.

Normal baru yang dimaksud Awaluddin merupakan layanan berbasis teknologi informasi yang akan meminimalisir pertemuan tatap muka antar manusia.

Misalnya saja, lanjut Awaluddin, sistem biometrik yang digunakan untuk pelayanan, keselamatan dan keamanan penerbangan kaitannya dengan data penerbangan.

"Lalu kepada maskapai dan penumpang akan diarahkan untuk lebih menggunakan self check in kosk, mobile chechk in dan web check in, dibandingkan datang ke konter check in," tutur Awaluddin.

Diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir dalam suratnya itu memerintahkan Direktur Utama BUMN untuk menjalankan tahapan The New Normal mulai 25 Mei 2020.

Dalam surat itu juga diimbau pegawai BUMN berusia di bawah 45 tahun untuk mulai masuk kantor, sedangkan 45 tahun ke atas tetap work from home.

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin