Berdayakan UMKM dan Pelaku Pasar Tradisional, Grab Kerja Sama dengan Asparindo


KOMPAS.com - Grab mengumumkan program kemitraan strategis baru bersama Asosiasi Pengurus Pasar Indonesia (Asparindo) dalam rangka pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia melalui acara penandatanganan kesepakatan, Senin (6/1/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh perwakilan Grab Indoensia, Director of GrabMart Anindita Rangkuti bersama dengan Ketua Asparindo Y Joko Setiyanto dan Direktur Eksekutif Asparindo Suhendro.

Sebagai infromasi, kesepakatan kolaboratif tersebut menjadi salah satu bentuk aksi nyata Grab dalam mendukung Asparindo mendigitalisasi pasar tradisional di Indonesia.

Baca juga: Jadi Inspirasi Perusahaan, Grab Pajang Dua Foto Mitra Difabel Asal Indonesia di Menara NASDAQ

“Bentuk kerja sama yang dilakukan termasuk partisipasi aktif Grab menyediakan akses dan layanan bagi para pelaku UMKM melalui Aktivasi Pasar Digital, Training dan Webinar Digital, serta acara lainnya,”ujar Anindita dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (13/12/2021).

Seluruh layanan yang dihadirkan Grab, menurutnya bertujuan untuk meningkatkan daya saing pasar dan memastikan para merchant memiliki skill yang relevan, terutama di masa pandemi Covid-19.

Anindita menyampaikan bahwa inisiatif kolaborasi akan dilaksanakan di pasar basah yang ada di berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Sah, Grab Melantai di Bursa Saham AS

Nantinya, program kemitraan strategis tersebut juga akan mencakup partisipasi aktif Grab dalam memberikan akses pasar digital kepada para pelaku UMKM melalui beberapa program.

Pertama, aktivasi pasar digital, yakni merchant UMKM Asparindo bergabung di Grab Merchant Platform sambil berkolaborasi dengan OVO untuk menyediakan metode pembayaran digital.

Kedua, pelatihan digital, webinar, dan edukasi dalam rangka membantu meningkatkan literasi pasar digital, serta membantu memberdayakan bisnis digital meningkatkan nilai daya saing pasar.

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin