Waspada Jebakan Travel Agent Nakal, Simak 4 Cara Hindari Open Trip Abal-abal

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebuah video menjadi viral di media sosial.

Video tersebut berisi curahan hati pasangan muda yang dikecewakan oleh ulah travel agent nakal.

Pasangan tersebut mengungkapkan kekecewaannya di aplikasi Tiktok.

Dalam video pasangan ini bercerita jika mereka mengalami penipuan saat ikut open trip di Labuan Bajo.

Baca juga: Dinda Kirana Liburan ke Labuan Bajo, Tampil Cantik dengan Gaun Putih saat Trekking ke Pulau Padar

Seseorang yang membuka aplikasi TikTok
Seseorang yang membuka aplikasi TikTok (Solen Feyissa /Pixabay)

Baca juga: Liburan Natal 2021 ke Labuan Bajo, Ini Tiket Pesawat Murah Terbang dari Bali Mulai Rp 670 Ribuan

Lewat media sosial, sembari menangis, keduanya meminta agar dana yang sudah mereka setor dikembalikan.

Video tersebut langsung menjadi viral.

Belakangan, video tersebut sudah dihapus setelah oknum travel agen tersebut sudah menghubunginya dan memenuhi permintaannya.

Pengurus HIPMI Kabupaten Mangarai Rachmat Julio menyatakan sangat menyesalkan kejadian tersebut.

Dia menilai, kasus seperti ini merusak citra para pelaku usaha travel agent dan merusak kerja keras pelaku usaha yang selama ini berusaha membangkitkan pariwisata di Labuan Bajo yang didera pandemi selama 2 tahun terakhir.

"Hal seperti ini merusak. Jadi orang menilai para travel agen lainnya seperti itu juga. Kita udah jungkir balik berusaha bangkit agar pulih kembali, cuma karena satu oknum saja," kata pemilik usaha travel AnjaniTrip ini dalam keterangan pers tertulisnya, Rabu (16/2/2022).

Dia meminta pemerintah turun tangan menertibkantravel agentyang tidak memiliki badan usaha dan lisensi agar citraLabuan Bajosebagai destinasi wisata yang sudah mendunia tidak rusak.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun Pernikahan, Ruben Onsu dan Sarwendah Boyong Keluarga Liburan ke Labuan Bajo

Keindahan dari atas Pulau Padar, di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT, Selasa (13/11/2018). Salah satu tempat wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya.
Keindahan dari atas Pulau Padar, di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT, Selasa (13/11/2018). Salah satu tempat wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya. (KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA)

Baca juga: Garuda Indonesia Tawarkan Paket Liburan ke Labuan Bajo, 3 Hari 2 Malam Mulai Rp 2,6 Jutaan

"Kita mohon Pemerintah segera turun tangan untuk menertibkan. Apalagi sebentar lagi Indonesia menjadi tuan rumah G20. Kita harus memberikan pelayanan terbaik bagi tamu kita nantinya," ujarnya.

Rahmat Julio juga menyarankan kepada traveler, agar sebelum memilihtravel agentuntuk membuat program wisatanya, mereka terlebih dulu mencari referensi dan informasi sebanyak-banyaknya.

"Harus banyak cari informasi. Jangan sampai hal yang tak diinginkan terjadi sama kita. Jangan terpengaruh dengan harga murah atau diskon besar. Tapi lihat rekam jejak dan tanya langsung," ungkapnya.

Rahmat Julio menekankan, di jasa travel seperti AnjaniTrip yang dikelolanya, pihaknya memberikan pelayanan maksimal. "Kita menjual jasa dan tentunya kami memberikan pelayanan paling maksimal. Apa yang kami tawarkan itu yang kami berikan," ujarnya.

Mencegah kejadian serupa terulang dan menimpa traveler, Rachmat Julio turut membagikan tips agar acara liburan dengan open trip tetap nyaman, berikut saran-sarannya:

1. Cek Lisensi

Traveler harus perhatikan adalah lisensi yang dimiliki olehtravel agenttersebut. Pastikan agen travel tersebut berbentuk badan usaha yang sudah berbadan hukum.

Biasanya sistem perjalanan ini jadi bermasalah karena yang mengadakan adalah perorangan.

2. Perusahaan Terdaftar di Asosiasi.

Selain sudah berbadan usaha dan hukum, pastikan juga bahwa travel agen tersebut harus terdaftar di asosiasi seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Association of The Indonesia Tour And Travel Agencies (ASITA) dan Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), sebagai wadahnya para pelaku usahatravel agent.

Rekam jejaktravel agentakan mudah diawasi dan di pelajari.

3. Bandingkan Harga Paketnya

Berikutnya traveler juga berpikir logis juga. Jangan terpengaruh dengan harga murah dengan diskon yang berlebihan sehingga tidak masuk akal.

So, jangan terpikat dengan harga murah.

4. Hindari Bayar ke Rekening Pribadi

Setelah melakukan cek and ricek dan rekam jejaktravel agent.

Hal yang paling penting nih traveler perhatikan.

Pastikan setiap transaksi baik DP maupun pelunasan harus melalui rekening perusahaan. Jangan dilayani jika mereka minta transfer ke rekening pribadi dengan alasan apapun.

Baca juga: Tiket Pesawat Rute Jakarta-Labuan Bajo untuk Libur Natal 2021, Terbang Langsung Mulai Rp 1,2 Jutaan

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ikut Open Trip, Begini Tips Agar Terhindar dari Jebakan Travel Agent Nakal

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin