Pesan Lanjutan Anthony Tan, Berikut Rencana Terbaru Grab


KOMPAS.com - CEO sekaligus Co-founder Grab Anthony Tan memaparkan beberapa keputusan penting pada seluruh karyawan Grab siang ini, Selasa (16/6/2020).

Ia menjelaskan beberapa situasi penting terkait operasional perusahaan yang terdampak masa pandemi. Di samping itu, ia juga menjelaskan rencana terbaru Grab, sebagai perusahaan penyedia aplikasi layanan transportasi di Asia Tenggara.

“Kami sadar bahwa (kami) masih harus menjadi organisasi yang lebih ramping untuk mengatasi tantangan ekonomi pasca-pandemi,” ujar Tan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Anthony Tan: Terima Kasih Grabbers, Kalian Sudah Berkontribusi untuk Sejarah dan Keberhasilan Grab

Untuk mencapai hal itu, Grab sudah membuat rencana terbaru.

“Kami akan menghentikan beberapa proyek non-esensial, mengkonsolidasikan fungsi-fungsi di perusahaan untuk efisiensi yang lebih besar, serta membentuk ukuran tim yang tepat untuk lebih menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang terus berubah berdasarkan lingkungan eksternal,” terang Tan.

Tan menyambung, pihaknya juga akan terus memperkuat layanan pengiriman makanan dan barang serta mengalokasikan sebagian Grabbers—sebutan untuk karyawan Grab—ke layanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang meningkat.

“Kami telah menyelamatkan banyak pekerjaan melalui pemindahan ini dan membantu menekan angka pengurangan pekerja hingga di bawah 5 persen. Saya memastikan bahwa tidak akan ada lagi pemutusan hubungan kerja (PHK) di organisasi secara menyeluruh pada tahun ini,” imbuhnya.

Baca juga: Keputusan Sulit untuk Grab, Ini Pesan dari Anthony Tan untuk Karyawan

Pada penjelasannya, ia juga menegaskan akan menjalankan rencana lain untuk memenuhi target yang telah ditetapkan.

“Kami tidak akan melalui proses yang menyakitkan (seperti) ini lagi di beberapa waktu mendatang. Jajaran dewan dan pimpinan tetap optimis pada prospek bisnis ke depannya,” paparnya.

Menurutnya, Grab akan fokus pada adaptasi layanan utama, seperti layanan ride-hailing, pengiriman, pembayaran dan layanan keuangan untuk mengatasi tantangan dan peluang di masa new normal.

“Pada saat yang sama, kami akan memperluas dukungan untuk usaha kecil dengan memperkaya berbagai layanan merchant. Kami percaya langkah-langkah ini akan memantapkan tujuan kita menuju keberlanjutan,” tambahnya.

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin