11 Hari Beroperasi, Jumlah Penumpang KA Jarak Jauh Melonjak 262 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan, jumlah penumpang kereta api (KA) reguler, baik jarak jauh maupun lokal terus meningkat sejak dioperasikan pada 12 Juni lalu.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, sejak 12 Juni hingga 22 Juni volume penumpang KA jarak jauh per harinya naik hingga 262 persen, dari semula 1.157 penumpang per hari menjadi 4.188 penumpang per hari.

Sementara itu, penumpang KA lokal mengalami kenaikan sebesar 35 persen, dari semula 18.727 penumpang per hari, menjadi 25.372 penumpang per hari.

Baca juga: Prosedur dan Syarat Bagi Penumpang Kereta Api Jarak Jauh

Jika ditotal, jumlah penumpang KA reguler jarak jauh dan lokal mengalami kenaikan sebesar 49 persen, dari semula 19.884 penumpang per hari menjadi 29.560 per hari.

"Kenaikan volume penumpang ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat dari hari ke hari terkait layanan KAI di masa New Normal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/6/2020).

Lebih lanjut, Joni memastikan, pada masa new normal, KAI secara ketat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di moda transportasi kereta api.

"Tujuannya agar masyarakat dapat bepergian menggunakan kereta api dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai di tujuan," katanya.

Hal tersebut terefleksikan dengan ditolaknya 6.558 penumpang KA jarak jauh dan lokal untuk melanjutkan keberangkatan karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah melalui SE Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020 dan SE DJKA No 14 Tahun 2020, hingga tanggal 22 Juni 2020.

“Hal ini menunjukkan, bahwa KAI melaksanakan verifikasi persyaratan secara ketat sebelum mengizinkan penumpang untuk naik kereta api,” ujar Joni.

Sebagai informasi, pada masa New Normal, loket stasiun hanya melayani pembelian tiket go show atau 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Baca juga: Cegah Covid-19, Penumpang MRT Diminta Tak Melakukan Percakapan di Dalam Kereta

Sementara itu, layanan reservasi tiket dilakukan secara online mulai h-7 keberangkatan salah satunya melalui aplikasi KAI Access.

Joni menyarankan kepada calon penumpang untuk mengunduh aplikasi KAI Access. Sebab, menurutnya KAI Access memiliki berbagai fitur yang memudahkan operasional KA selama periode new normal.

"Selain bisa memesan tiket jauh-jauh hari, KAI Access juga memiliki fitur e-boarding pass yang membuat penumpang tidak perlu mencetak boarding pass melalui mesin Check In Counter di stasiun. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi sentuhan dengan fasilitas stasiun," ucapnya.

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin