Nekat Melarikan Diri dari Kereta yang Terperangkap dalam Kebakaran Hutan, 10 Penumpang Terluka

TRIBUNTRAVEL.COM - Sedikitnya 10 penumpang terluka ketika mereka mencoba melarikan diri dari sebuah kereta di Spanyol yang terpaksa berhenti ketika api besar mendekat.

Rekaman dramatis dari seorang penumpang yang duduk di kereta menunjukkan langit penuh api dan asap saat api menyebar dengan cepat di luar kendali.

Baca juga: Tak Penuhi Syarat Perjalanan KA Antar Kota? Begini Cara Refund Tiket Kereta Api

Petugas pemadam kebakaran beroperasi di lokasi kebakaran hutan antara Navalacruz dan Riofrio dekat Avila, Spanyol tengah, pada 16 Agustus 2021. Seribu orang dievakuasi dan lebih dari 5.000 hektar terbakar mulai pukul 11.00, dengan api menyebar di sepanjang 40 kilometer. Spanyol mengalami rekor suhu tertinggi pada hari Sabtu ketika gelombang panas di semenanjung Iberia mendorong merkuri ke 47,4 derajat Celcius (117,3 Fahrenheit), menurut data sementara dari badan meteorologi negara.
Petugas pemadam kebakaran beroperasi di lokasi kebakaran hutan antara Navalacruz dan Riofrio dekat Avila, Spanyol tengah, pada 16 Agustus 2021. Seribu orang dievakuasi dan lebih dari 5.000 hektar terbakar mulai pukul 11.00, dengan api menyebar di sepanjang 40 kilometer. Spanyol mengalami rekor suhu tertinggi pada hari Sabtu ketika gelombang panas di semenanjung Iberia mendorong merkuri ke 47,4 derajat Celcius (117,3 Fahrenheit), menurut data sementara dari badan meteorologi negara. (CESAR MANSO / AFP)

Baca juga: Fakta Unik Ki Jaga Raksa, Kereta yang Bawa Bendera dan Teks Proklamasi dari Monas ke Istana Negara

Kereta saat itu dalam perjalanan dari Valencia ke Zaragoza di timur laut Spanyol ketika kobaran api memaksanya berhenti di kotamadya Bejis.

Sementara masinis kereta meminta penumpang untuk tetap berada di dalam kereta, beberapa diyakini panik saat melihat api semakin dekat.

Dilansir dari mirror, ada 48 orang di dalam kereta, yang berangkat dari Valencia pada Kamis sore, dan beberapa di antaranya memilih memecahkan jendela kereta untuk turun.

Baca juga: Kemenhub Terbitkan 4 Surat Edaran Baru, Berlaku untuk Transportasi Darat, Laut, Udara ; Kereta Api

Baca juga: Aturan Terbaru Naik Kereta Api Jarak Jauh, Berlaku Mulai 15 Agustus 2022

Sedikitnya 10 penumpang yang meninggalkan kereta mengalami luka-luka, termasuk tiga orang mengalami luka bakar serius.

Masinis kereta memutuskan kembali dari daerah bahaya ke stasiun di Caudiel dan tidak ada orang yang tinggal di dalamnya terluka.

Mereka yang telah meninggalkan kereta juga berhasil kembali ke Caudiel di mana beberapa menerima perawatan.

Dari mereka yang terluka, yang paling serius adalah seorang wanita berusia 58 tahun dan seorang gadis berusia 15 tahun yang diterbangkan ke rumah sakit di Valencia, dilaporkan.

Petugas pemadam kebakaran telah berjuang melawan kebakaran hutan di wilayah Valencia minggu ini dan beberapa di antaranya mengalami kematian saat mereka mencoba mencegah api mencapai desa-desa di Bejis.

Teriakan "lari, lari, lari, lari" terdengar di lereng bukit ketika api yang dialiri angin kencang menyapu empat petugas pemadam kebakaran Spanyol, menelan pakis kering beberapa detik setelah mereka berjuang untuk menyelamatkan diri.

Tiga petugas pemadam kebakaran terluka oleh api dan beberapa desa di daerah itu dievakuasi, kata layanan darurat setempat di Twitter .

Perubahan iklim telah membuat sebagian semenanjung Iberia menjadi terkering dalam 1.200 tahun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan bulan lalu di jurnal Nature Geoscience.

Baca juga: Promo 17 Agustus Kereta Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu, Diskon 17 Persen

Tangkapan layar video penumpang duduk di dalam kereta api yang melintasi kebakaran hutan Spanyol.
Tangkapan layar video penumpang duduk di dalam kereta api yang melintasi kebakaran hutan Spanyol. (Twitter/@PacoSeoanePerez)

Di negara tetangga Portugal, lebih dari 1.200 petugas pemadam kebakaran dan sembilan pesawat pengebom air berjuang melawan kebakaran hutan yang telah merusak taman nasional Serra da Estrela dan membakar lebih dari 17.000 hektar sejak dimulai pada 6 Agustus.

Pada hari Selasa, asap dari api itu menyelimuti gedung pencakar langit di Madrid, lebih dari 250 mil jauhnya.

Sejauh tahun ini, kebakaran hutan telah membakar lebih dari 275.000 hektar di Spanyol dan 87.000 di Portugal, dengan yang terakhir mewakili sekitar 1 persen dari wilayah Portugis, persentase tertinggi di Uni Eropa.

Momen Mengerikan Seorang Wanita yang Diikuti, Diludahi dan Didorong ke Rel Kereta

Seorang wanita berusia 28 tahun yang pemberani menangkis penyerang dengan sapu dan tanda "Lantai Basah" di stasiun kereta bawah tanah Brooklyn, New York, Amerika Serikat.

Kejadian mengerikan itu terjadi Rabu di peron 3 dan 4 ke utara di stasiun Utica Avenue-Eastern Parkway, di mana pria gila itu, yang kemudian diidentifikasi sebagai John Merritt, 24 tahun, mulai mengikuti korban, kata polisi.

"Dia bertingkah tidak menentu dan dia mulai meludahi saya, begitulah awalnya," kata wanita yang meminta untuk tidak disebutkan namanya itu. &;Ketika saya mencoba untuk meninggalkan situasi, seperti naik kereta, dia mengikuti saya.

&;Dan saya memutuskan itu bukan langkah paling cerdas, untuk naik kereta di mana pihak berwenang tidak bisa menolong saya.

Suasana kereta bawah tanah
Suasana kereta bawah tanah (Free-Photos /Pixabay)

"Jadi saya tetap di peron dan dia memutuskan bahwa itu adalah ide terbaik untuk meludahi saya," katanya.

Rekaman video yang diambil oleh seorang pengamat menunjukkan serangan itu terjadi setelah wanita itu memutuskan untuk tetap di peron karena takut pria itu akan mengikutinya ke kereta.

Dilansir TribunTravel dari laman nypost, korban meraih tanda kuning "Lantai Basah" dan mulai mengayunkannya ke Merritt untuk melawannya, menurut sumber polisi dan klip video.

Alih-alih mundur, Merritt mendorong wanita itu ke rel - menyebabkan dia jatuh ke belakang, menurut polisi dan video.

Dia kembali ke peron dengan bantuan penumpang yang ada di peron dan mengejar penyerangnya, memukulnya dengan sapu, rekaman menunjukkan.

&;Saya pikir saya cukup baik dalam melindungi diri saya dan menangkisnya,&; kata korban, yang bekerja sebagai asisten administrasi dan penjamin emisi. &;Dan kemudian mengizinkan pihak berwenang untuk menangani situasi ini.&;

Rel kereta bawah tanah
Rel kereta bawah tanah (Igor Ovsyannykov /Pixabay)

Merritt kemudian mencoba melarikan diri dengan kereta api - tetapi polisi sudah berada di tempat kejadian dan menangkapnya, kata wanita itu.

Merritt ditangkap di tempat kejadian dan didakwa dengan penyerangan, ancaman dan pelecehan, menurut polisi.

Korban dirawat oleh EMT di tempat kejadian, katanya.

&;Aku tidak bisa berjalan. Itu cedera terbesar saat ini,&; tambah wanita itu. &;Saya memiliki begitu banyak memar di kaki saya, di lengan saya. Saya memiliki memar di wajah saya&;

Tapi dia bersyukur masih hidup.

&;Saya senang bisa keluar dari rel kereta, dan sebelum kereta datang,&; kata wanita itu. &;Dan saya senang berada di sini hari ini.&;

Ambar Purwaningrum/TribunTravel

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin