Terminal 2 Bandara Changi di Singapura Buka Lagi Mulai 11 Oktober 2022

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandara Changi di Singapura bersiap membuka kembali operasional Terminal 2 pada Selasa (11/10/2022) mendatang.

Dibukanya kembali Terminal 2 Bandara Changi di Singapura menyusul persiapan menjelang musim puncak perjalanan pada akhir tahun.

Spot instagenic di Bandara Changi Singapura. Terminal 2 bakal dibuka kembali pada 11 Oktober 2022 mendatang.
Spot instagenic di Bandara Changi Singapura. Terminal 2 bakal dibuka kembali pada 11 Oktober 2022 mendatang. (Ambar Purwaningrum/TribunTravel)

Sejumlah penerbangan dapat segera Terminal 2 Bandara Changi di Singapura menyusul dimulainya kembali operasi kedatangan di terminal pada awal Mei.

Untuk mempersiapkan pembukaan ini, Changi Airport Group akan melakukan lebih banyak uji coba kesiapan operasional dengan mitra maskapai penerbangan danbandarauntuk memastikan bahwa semua sistem dan proses sudah ada.

Baca juga: Per September 2022, 16 Maskapai Pindah Penerbangan di Terminal 4 Bandara Changi Singapura

Dibukanya keberangkatan di Terminal 2 akan menambah kapasitas bandara.

Selain itu juga mempermudah operasional penumpang pada malam hari di semua terminal bandara.

Tonton juga:

Lebih luas setelah direnovasi

Sejak ditutup selama pandemi, Terminal 2 menjadi lebih luas dengan tambahan 15.500 meter persegi, dilansir dari Simple Flying, Selasa (6/9).

Sebagai terminal tertua kedua di Bandara Changi, Terminal 2 direnovasi dan diberi konsep desain kontemporer yang terinspirasi oleh unsur-unsur alam.

Penumpang akan merasa tenang dan santai saat melihat penggunaan luas bahan alami terminal untuk pelapisan dinding dan lantai, ditambah dengan kolom hijau raksasa yang menampilkan palet tanaman yang unik.

Suasana Imigrasi di Bandara Changi, Singapura. Terminal 2 bakal dibuka kembali pada 11 Oktober 2022 mendatang.
Suasana Imigrasi di Bandara Changi, Singapura. Terminal 2 bakal dibuka kembali pada 11 Oktober 2022 mendatang. (Ambar Purwaningrum/TribunTravel)

Baca juga: Bandara Changi Singapura Rancang Terminal Baru yang Diklaim Tahan Pandemi

Terminal 2 Bandara Changi Singapura juga telah ditingkatkan secara ekstensif menjadi lebih nyaman bagi penumpang dan setara dengan terminal lainnya.

Karena kios check-in otomatis akan tersedia bagi mereka yang lebih suka melayani diri sendiri sebelum menurunkan bagasi mereka di konter check-in bagasi.

Penumpang juga akan menemukan pencarian jalan lebih mudah karena, tepat setelah check-in, mereka dapat melanjutkan untuk membersihkan imigrasi melalui gerbang izin otomatis

Sayap selatan terminal juga akan menawarkan beberapa gerai makanan, minuman, dan ritel di area umum dantransit.

Beberapa toko dan layanan akan kembali ke lokasi toko aslinya sebelum peningkatan Terminal 2, seperti Starbucks dan Sing Post Centre yang ikonik di bandara ini.

Ketika sayap utara Terminal 2 sepenuhnya selesai pada tahun 2024, penumpang dapat mengharapkan lebih banyak toko untuk dijelajahi.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Area Bandara Changi Singapura, Saksikan Keunikan Kinetic Rain

Singapore Airlines akan memulai debut pembukaan kembali

Mulai 11 Oktober, penerbangan Singapore Airlines ke Malaysia dan Thailand juga akan memulai operasi keberangkatan dari sayap selatan Terminal 2.

Menjadikan maskapai nasional ini sebagai maskapai penerbangan pertama yang memulai debut keberangkatan terminal.

Meskipun belum dikonfirmasi, penerbangan pertama dilayani dengan armada SQ 104 ke Kuala Lumpur dan SQ 706 ke Bangkok, karena keduanya adalah penerbangan terjadwal paling awal ke kedua negara.

Ilustrasi maskapai Singapore Airlines Airbus A350-900. Terminal 2 Bandara Changi Singapura bersiap untuk dibuka kembali mulai 11 Oktober 2022.
Ilustrasi maskapai Singapore Airlines Airbus A350-900. Terminal 2 Bandara Changi Singapura bersiap untuk dibuka kembali mulai 11 Oktober 2022. (Flickr/ Simon Morris)

Baca juga: Bandara Changi Singapura Akan Buka Lagi Terminal 4 Mulai September 2022

Semua penerbangan Singapore Airlines lainnya yang terbang ke tujuan Asia Tenggara lainnya, khususnya Brunei, Kamboja, Indonesia, Myanmar, Filipina, dan Vietnam, akan mulai berangkat dari Terminal 2 pada hari berikutnya.

Mengalihkan seluruh jaringan maskapai asia tenggara ke Terminal 2 akan mewakili lebih dari 320 keberangkatan mingguan saat ini, yang rata-rata hampir 50 penerbangan per hari.

Selain itu, bagi penumpang Singapore Airlines yang memenuhi syarat dapat menggunakan SilverKris Lounge yang dibuka kembali di Terminal 2 atau mengunjungi hotel transit terminal danruang tunggubayar per penggunaan, yang terbuka untuk penumpang yang berangkat dan transit.

Perlu juga dicatat bahwa SilverKrisLoungetidak dirubah, dan KrisFlyer Elite Gold Lounge di Terminal 2 tidak akan dibuka kembali, mengingat jumlah penumpang yang lebih rendah yang diharapkan selama pembukaan kembali.

Selain itu, semua penerbangan Singapore Airlines yang tiba di Bandara Changi akan terus ditetapkan sebagai gerbang di Terminal 1, 2, atau 3.

Baca juga: Menilik Sejarah Bandara Changi Singapura, Kini Sudah Beroperasi Lebih dari 4 Dekade

Lebih banyak maskapai penerbangan yang dialihkan ke Terminal 2

Singapore Airlines akan bergabung dengan maskapai lain dalam perpindahannya ke terminal kedua, saat Bandara Changi mengkonfirmasi pergerakanAir Indiadan Air India Express, memulai operasi keberangkatan mereka pada 18 Oktober.

Sebelum pandemi, beberapa maskapai penerbangan lain, seperti All Nippon Airways, Etihad Airways, IndiGo, Lufthansa, Malaysia Airlines, Royal Brunei, dan United Airlines, dulu beroperasi di terminal 2.

Namun, masih belum pasti apakah maskapai-maskapai ini akan kembali atau apakah maskapai yang berbeda akan ditambahkan ke daftar, yang selanjutnya akan diumumkan oleh Changi Airport Group.

Akhirnya, setelah Terminal 2 selesai sepenuhnya dan dibuka kembali pada tahun 2024, terminal akan menjadi yang terbesar di bandara sebelum Terminal 5, yang masih akan menjalani pembangunan.

Terminal 2 akan memiliki kapasitas 28 juta penumpang per tahun, yang merupakan 5 juta lebih banyak dari kapasitasnya sebelum pembenahan.

Baca juga: Terminal 4 Bandara Changi Dibuka 13 September 2022, Berikut Daftar Maskapai yang Bakal Beroperasi

(TribunTravel.com/ Rtn)

Baca juga selengkapnya seputar Bandara Changi Singapura, di sini.

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin