Mulai 31 Juli, Bali Bakal Dibuka untuk Wisatawan Domestik

TRIBUNTRAVEL.COM - Bali siap menyambut wisatawan domestik di akhir Juli ini.

Hal itu dijelaskan olehKepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa.

Ia menuturkan bahwa mereka siap menyambut kembali wisatawan nusantara (wisnus) pada 31 Juli 2020.

Persiapan yang dilakukan Bali adalah adanya sertifikasi untuk industri pariwisata.

&;Di Bali sedang melakukan sertifikasi khusus untuk protokolnew normalyang kita sebut Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Masyarakat Produktif Aman Covid-19,&; kata Putu dalam webinar bertajuk &;Strategi dan Program Clean, Health and Safety (CHS) Destinasi Pariwisata Pasca Pandemik&;, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, sertifikasi tersebut bisa memberi keyakinan bahwa Bali mengedepankan kesehatan, serta keselamatan wisatawan selama era new normal.

&; Ayam Betutu dan 5 Kuliner Enak di Bali untuk Menu Makan Siang

Tidak hanya itu, tujuan dari sertifikasi tersebut adalah untuk memberi pengakuan bahwa usaha pariwisata memiliki standar yang sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

&;Juga meningkatkan daya saing usaha pariwisata dari aspek produk, pelayanan, dan pengelolaan. Memastikan industri pariwisata bisa berjalan dengan aman,&; ungkap Putu.

Beberapa asosiasi pariwisata yang turut serta membantu sertifikasi sebagai tim verifikator antara lain adalah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), dan Persautan AngkutanWisata Bali.

Tidak hanya itu, proses verifikasi pun dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan para pemerintah kabupaten dan kota di Bali.

Indikator yang akan diverifikasi dalam proses sertifikasi sudah sesuai dengan standar Cleanliness, Health, and Safety (CHS) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

&;Saya rasa hotel-hotel kami sudah siap sekali. Kemudian untuk wisata tirta, spa, dan diskotik yang harus agak keras kalau nanti betul-betul mau beroperasi,&; ujar Putu.

Selain sertifikasi, Putu menuturkan bahwa pihaknya aktif dalam melakukan edukasi, sosialisasi, dan simulasi protokol kesehatan.

Wisatawan domestik didahulukan

Sebelum membuka gerbang pariwisata bagi wisnus pada 31 Juli, Bali akan mulai membuka gerbang pariwisata bagi warga lokal pada 9 Juli.

Namun saat menyambut kembali wisnus, mereka memiliki catatan bahwa tempat wisata akan dibuka secara selektif guna mencegah terjadinya sumber penularan baru.

7 Tempat Terbaik di Bali Untuk Menikmati Sunset, Ada Jimbaran Tempat Makan Malam Romantis

&;Syarat Terbang ke Bali Dipermudah, Bisa Gunakan Hasil Rapid Test atau PCR

&;Persyaratan Baru Bagi Traveler yang Ingin Liburan ke Bali lewat Bandara Ngurah Rai

&;Mulai 31 Juli, Pariwisata Bali Akan Dibuka untuk Wisatawan Domestik

&;Fakta Unik Subak Jatiluwih, Warisan Budaya Dunia di Bali yang Pernah Dikunjungi Obama

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bali Sambut Wisatawan Nusantara pada 31 Juli, Bagaimana Persiapannya?

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin