Catat, 3 Tahap yang Harus Dilalui Penumpang Lion Air Sebelum Terbang

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era tatanan normal baru atau new normal, pemerintah masih menerapkan berbagai persyaratan bagi masyarakat yang ingin berpergian dengan maskapai.

Mulai dari surat pernyataan bebas Covid-19 hingga Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masih menjadi syarat wajib bagi para calon penumpang pesawat.

Lion Air Group menyatakan, seluruh penumpang yang terbang bersama Lion Air, Wings Air, dan Batik Air dipastikan memiliki dan menjalankan persyaratan yang diberikan pemerintah.

Baca juga: Lion Air Bantah Berhenti Beroperasi

"Pada setiap operasional yang telah berjalan sebelumnya dan pada masa waspada pandemi Covid-19, bahwa setiap penumpang yang dinyatakan layak terbang dan dapat masuk ke dalam kabin pesawat udara untuk melakukan perjalanan udara," ujar Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (11/7/2020).

Danang mengatakan, seluruh penumpang maskapai di bawah naungan maskapai berlogo singa merah tersebut telah melalui tiga rangkaian pengecekan.

Pertama, persyaratan dokumen hasil uji kesehatan Covid-19 oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),

Kemudian, pemeriksaan keamanan pertama (security check point 1) oleh petugas aviation security pengelola bandar udara,

Terakhir, pemeriksaan keamanan kedua (security check point 2) oleh petugas aviation security pengelola bandar udara.

Baca juga: Lion Air Kembali Rekrut 2.600 Karyawan yang Sebelumnya Kena PHK

"Apabila ada penumpang yang bermasalah atau yang melanggar dan tidak memenuhi ketentuan, maka itu bukan kesalahan atau kesengajaan dari maskapai," kata Danang.

Oleh karenanya, Danang meminta kepada seluruh calon penumpang untuk memberikan informasi yang detail pada saat dilakukan pengecekan dan verifikasi.

"Lion Air Group mewajibkan calon penumpang agar mematuhi ketentuan penerbangan Lion Air Group, sebagaimana yang menjadi protokol kesehatan selama masa waspada pandemi Covid-19," ucap Danang.



Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin