5 Kampung Wisata di Jogja yang Diusulkan Ikut Ajang ADWI 2023

TRIBUNTRAVEL.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno sudah menutup ajang pencarian desa wisata melalui ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Meski telah ditutup tahun ini, Sandiga Uno mengatakan bahwa ADWI akan digelar lagi tahun depan.


Bangunan cagar budaya Situs Warungboto yang menjadi ikon bagi Kampung Wisata Warungboto, Kota Yogyakarta.
Bangunan cagar budaya Situs Warungboto yang menjadi ikon bagi Kampung Wisata Warungboto, Kota Yogyakarta. (TRIBUN JOGJA/AZKA RAMADHAN)

Sandiaga Uno menyebut jika dalam ajang ADWI 2023 akan lebih banyak desa wisata yang dijaring.

Sejalan dengan hal tersebut, sejumlah kampung wisata di Jogja telah diusulkan untuk maju dalam ADWI 2023.

Baca juga: Jadwal Kereta Api Malang-Jogja via Stasiun Malang, Ada Tiket Luxury untuk Libur Tahun Baru 2023

Setidaknya ada lima kampung wisata di Jogja yang diharapkan bisa maju dalam ADWI tahun depan.

Dari kelima destinasi tersebut, semuanya merupakan peraih penghargaan kampung wisata terbaik di Kota Pelajar, selaras dengan penilaian Dinas Pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, berujar melalui anggaran perubahan 2022 ditempuh pendampingan dan penilaian kampung wisata.

Kegiatan itu dalam rangka persiapan menuju ADWI 2023 yang merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Jadi, kami menyiasati, dengan membuat simulasi seperti Kemenparekraf datang menilai ADWI. Semua komponen yang dinilai, coba diberikan pelatihan dan template untuk mempersiapkan dokumen-dokumen, supaya mereka siap," ucapnya, Rabu (7/12/2022).

Situs Warungboto
Situs Warungboto. Ada lima tempat wisata di Jogja yang diusulkan untuk masuk dalam ajang ADWI 2023 mendatang. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Adapun lima kampung wisata dengan nilai terbaik di tingkat Kota Yogyakarta via program pendampingan menuju ADWI 2023 tersebut, meliputi peringkat pertama Warungboto, kedua Cokrodiningratan, ketiga Prenggan, keempat Tahunan, kemudian kelima Purbayan.

Baca juga: Jadwal Pentas Paket Wisata Srimangati Desember 2022, Wisata Budaya di Jogja

"Nanti kami coba terus-menerus dampingi, biar siap. Baik dari sisi dokumen atau sarana prasarana fisik di lapangan. Pasalnya, Kemenparekraf ke depan juga meneliti kecocokan fakta di lapangan," urainya.

Menurutnya lima kampung wisata dengan nilai terbaik itu memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing.

Dalam dialog dengan pelaku ekonomi kreatif bertajuk
Dalam dialog dengan pelaku ekonomi kreatif bertajuk "Pelaku Ekonomi Kreatif Bangkit dalam Pemulihan Ekonomi" di Kuta Seafood Restaurant, Bali, Senin (14/11/2022), Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan berkat presidensi Indonesia dalam KTT G20 tahun 2022 banyak pelaku ekonomi kreatif di Bali yang merasakan langsung dari pertemuan berkelas dunia ini dalam hal pembukaan peluang usaha dan lapangan kerja. (Dok. Kemenparekraf)

Tidak hanya mengandalkan destinasi, tapi juga aktivitas wisata, fesyen, kuliner dan budaya.

Ia pun menyatakan, kelimanya akan diusulkan maju ADWI 2023 melalui proses seleksi di tingkat provinsi, dan kemudian diajukan ke Kemenparekraf di tingkat nasional.

"Tentu, kami berharap bisa mengulang kesuksesan Kampung Wisata Rejowinangun yang berhasil meraih juara 2 tingkat nasional dan masuk 50 besar kampung wisata terbaik di Indonesia," terang Kadispar.

Sementara, Ketua Pengelola Kampung Wisata Warungboto, Tri Widodo Purnomo, mengungkapkan Situs Warungboto masih menjadi destinasi unggulan, sekaligus ikon bagi kampung wisatanya.

Akan tetapi, selain itu, pihaknya juga menyuguhkan sejumlah potensi pariwisata, khususnya yang berbasis edukasi.

"Situs Warungboto merupakan ikon. Tapi, Kampung Wisata Warungboto punya keunggulan pemberdayaan lewat potensi pariwisata berbasis edukasi. Terutama menyasar wisatawan minat khusus," urainya.

"Potensi pariwisata kami kemas dalam sebuah paket wisata. Antara lain, pelatihan daur ulang sampah, hingga pewarnaan kain shibori. Nah, itu kami andalkan, ya, untuk menarik wisatawan," pungkas Widodo.

Baca juga: Garuda Indonesia Siapkan Pesawat Berbadan Lebar dari Jakarta ke Solo ; Jogja, Berikut Jadwalnya

Baca juga: Soto Bathok Mbah Katro dan 4 Tempat Makan Soto Enak di Jogja untuk Sarapan

Situs Warungboto, Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Jumat (12/5/2017).
Situs Warungboto, Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Jumat (12/5/2017). Ada lima tempat wisata di Jogja yang diusulkan untuk masuk dalam ajang ADWI 2023 mendatang. (KOMPAS.com/Teuku Muh Guci S)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Lima Kampung Wisata di Kota Yogyakarta Diusulkan Ikut ADWI 2023, Berikut Daftarnya

Baca juga: Pendopo Hotel Royal Ambarrukmo Jogja, Lokasi Akad Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin