Car Free Night di Kota Blitar, Ruas Jalan Menuju Alun-alun Ditutup saat Malam Tahun Baru

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Jawa Timur, menggelar car free night saat malam pergantian tahun.

Beberapa hiburan untuk masyarakat akan diadakan di Alun-alun Kota Blitar saat malam tahun baru.

Pos pelayanan didirikan untuk pengamanan malam pergantian tahun di Alun-alun Kota Blitar, Jumat (30/12/2022).
Pos pelayanan didirikan untuk pengamanan malam pergantian tahun di Alun-alun Kota Blitar, Jumat (30/12/2022). Car free night turut memeriahkan malam tahun baru di Blitar. Beberapa hiburan juga akan diadakan di Alun-alun Kota Blitar. (Tribun Jatim/Samsul Hadi)

Untuk itu, sejumlah ruas jalan menuju Alun-alun Kota Blitar ditutup total saat malam tahun baru 2023, Sabtu (31/12/2022).

"Sejumlah ruas jalan menuju Alun-alun ditutup mulai Sabtu pukul 18.00 WIB sampai Minggu pukul 01.00 WIB. Kawasan Alun-alun digunakan acara car free night saat malam tahun baru," kata Kepala Dishub Kota Blitar, Juari pada Jumat (30/12/2022).

Baca juga: Harga Tiket Masuk Istana Sakura Blitar, Tempat Wisata Murah dan Penuh Spot Instagramable

Beberapa ruas jalan yang ditutup saat malam pergantian tahun, yaitu, Jalan Merdeka, Jalan Kenanga, Jalan Semeru, Jalan Masjid, dan Jalan Merapi.

Juari mengatakan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar bekerjasama dengan Satlantas Polres Blitar Kota melakukan pengalihan arus lalu lintas yang menuju ke Alun-alun Kota Blitar.

LIHAT JUGA:

Dishub juga menyiapkan beberapa lokasi parkir kendaraan pengunjung yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di Alun-alun Kota Blitar.

Sejumlah lokasi parkir yang disiapkan, antara lain, di Jalan Merapi, Jalan Kelud, Jalan Semeru, Jalan Seruni, Jalan Veteran, dan Jalan A. Yani.

"Penutupan, pembukaan, dan pengalihan arus melihat situasi dan kondisi di lapangan. Besok mulai pukul 18.00 WIB, kami lakukan pembatasan kendaraan roda empat yang menuju ke tengah kota," ujarnya.

Baca juga: Tak Cuma Rumah Bung Karno, 5 Tempat Wisata Alam di Blitar Juga Asyik untuk Liburan

Baca juga: Jadwal Kereta Api Relasi Blitar-Pasar Senen Periode 25 Juli 2022, Ada KA Brantas hingga Singasari

Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Mulya Sugiharto mengatakan kawasan Alun-alun steril dari kendaraan bermotor saat malam pergantian tahun.

Ia mengimbau masyarakat rumahnya dekat dengan Alun-alun agar jalan kaki menuju ke lokasi.

Sedang masyarakat yang membawa kendaraan diminta parkir di lokasi yang sudah disediakan Dinas Perhubungan.

"Kami mengimbau masyarakat tetap waspada saat memarkir kendaraannya. Pastikan kendaraan parkir dalam kondisi aman saat ditinggal menuju ke Alun-alun," tutupnya.

Titik rawan macet di Jalur Blitar-Kediri saat libur Nataru

Satlantas Polres Blitar Kota meminta masyarakat mewaspadai tiga titik rawan macet di jalur Blitar-Kediri saat libur panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), dilaporkan Tribun Jatim.

Tiga titik rawan macet di jalur Blitar-Kediri yaitu, di simpang empat Jalan Tanjung Kota Blitar, simpang tiga Kalipucung atau batas kota, dan Tugurante yang masuk wilayah Ponggok Kabupaten Blitar.

Ilustrasi konser.
Ilustrasi konser. Car free night turut memeriahkan malam tahun baru di Blitar. Beberapa hiburan juga akan diadakan di Alun-alun Kota Blitar. (Pien Muller/Unsplash)

"Tiga titik itu rawan terjadi macet saat libur panjang hari besar, karena masuk jalur utama dari Blitar ke Kediri maupun ke Tulungagung," kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Mulya Sugiharto, Senin (26/12/2022).

Untuk mengantisipasi kemacetan, Satlantas Polres Blitar Kota mendirikan pos pantau di simpang tiga Kalipucung dan Tugurante.

Baca juga: Promo Harga Tiket Masuk Blitar Park, Bisa Bermain Wahana Gratis Sepuasnya

Baca juga: Rumah Makan Gratis di Blitar yang Bebaskan Siapapun untuk Makan dan Bersedekah Jadi Viral

Satlantas Polres Blitar Kota juga menyiagakan personel di pos pantau untuk mengurai kendaraan jika terjadi kemacetan di lokasi.

"Di Tugurante ini menjadi pertemuan kendaraan dari arah Kediri dan Tulungagung yang hendak ke Blitar. Makanya sering terjadi kemacetan. Apalagi ketika pagi, karena di lokasi juga ada pasar," ujar Mulya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Ada Car Free Night, Alun-alun Kota Blitar dan Sejumlah Jalan Ditutup saat Malam Pergantian Tahun.

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin