Tips Liburan di Tahura Ir H Djuanda Bandung, Belilah Tiketnya Secara Online

TRIBUNTRAVEL.COM - Wisata alam menjadi tujuan wisata untuk wisatawan domestik.

Destinasi wisata alam di Bandung yang sering jadi favorit adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Djuanda.

Tahura Ir H Djuanda sering menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara saat liburan ke Bandung.

Hutan yang memiliki banyak keindahan tersembunyi di dalamnya ini membuat wisatawan terkesima dibuatnya.

&; 5 Kuliner Sarapan di Bandung yang Enak, Ada Lontong Kari Kebon Karet

Pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi, udara yang segar, berbagai spot menarik dan bernilai sejarah, membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke Tahura.

Tahura merupakan bagian dari cekungan Bandung yang memiliki latar belakang sejarah yang cukup erat.

Rindunya masyarakat akan suasana alam, Tahura menjadi alternatif wisata kelaurga untuk menghilangkan penat dari keramaian kota.

Ketenangan ketika datang ke Tahura bisa langsung dirasakan ketika memasuki area pintu masuk, dekat tempat loket pembayaran tiket.

Pengunjung bisa duduk-duduk di area taman yang begitu luas sehingga anak-anak bisa bebas berlari kesana-kemari menikmati alam bebas.

Sebelum muncul pandemi, pengunjung Tahura akan membludak ramai dari berbagai kota.

Wajar saja jika banyak yang penasaran, karena hutan ini menyimpan banyak sejarah dan keindahan alam begitu masuk ke dalamnya.

Apalagi di wilayah perkotaan, sudah jarang ada pohon-pohon hijau yang memberikan kesejuka.

Namun, di masa pandemi, Kepala Tahura Ir H Djuanda, Lianda Lubis, menjelaskan ada perubahan sistem yang dilakukan, terutama soal pembelian tiket.

"Kini pengunjung sudah tidak bisa membeli tiket di lokasi. Semuanya dilakukan dengan reservasi online, begitu juga proses pembayarannya," ujar Lianda Lubis saat dihubungi, Jumat (25/9/2020).

Pembelian tiket secara online ini, dikatakan Lianda memang baru dilakukan saat muncul pandemi Covid-19.

Meskipun diakui Lianda inftrastrukturnya belum 100 persen siap, dan akhirnya bekerja sama dengan mitra koperasi, meski belum sempurna.

Untuk pembelia tiket online ini bisa diakses di website tahuradjuanda.jabarprov.go.id, lalu akan ada reservasi. Anda harus memasukan data NIK KTP, Nama Lengkap, No Telepon, Email, alamat, asal provinsi, jumlah pengunjung, tanggal kunjungan, estimasi jam masuk dan keluar.

"Tujuannya adalah supaya mempermudah tracing pengunjung siapa saja yang masuk. Pembayaran ppunn dilakukan online supaya tidak ada interaksi dengan petugas," ucapnya.

Pengunjung yang telah reservasi, nantinya tinggal datang ke loket dan harus menukarkan kode booking yang akan dicocokan dengan sistem yang ada.

Kata Lianda, saat ini sistem memang masih dikembangkan supaya bisa menggunakan qr code dan tinggal scan untuk masuk, sehingga tidak akan ada lagi antrian.

Selanjutnya, Anda bisa masuk ke area hutan dan menikmati keindahan objek wisata yang ada disana, seperti Monumen Ir H Djuanda, Museum Ir H Djuanda, Curug Dago, Curug Lalay, Curug Omas, Goa Belanda, Goa Jepang, Prasasti Batu Raja Thailand, dan Tebing Keraton.

Mengunjungi Tahura di masa pandemi suasananya memang tidak seramai biasanya karena pengunjung dibatasi.

"Saat ini kami hanya menerima pengunjung yang berasal dari Jawa Barat saja. Dari luar daerah belum boleh kecuali mereka memang sudah stay di Bandung lebih dari 2 minggu," ujarnya.

Saat ini Tahura dibuka sejak pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket Rp 15.000 (sudah termasuk tiket Rp 10.000 + asuransi Rp 2.000 + deposit Rp 3.000) dan pelajar Rp 8.500.

Jika Anda mengunjungi Tahura pastikan menggunakan sepatu yang nyaman, karena Anda harus melalui perjalanan yang cukup panjang.

&; 5 Kafe di Bandung yang Sediakan Kopi Kemasan Literan, Pas Buat yang Lagi Staycation

&; Bandros dan 7 Jajanan Manis di Bandung yang Rasanya Tak Kalah Enak dari Odading

&;Informasi Harga Tiket Masuk The Great Asia Africa Lembang Bandung

&;Harga Tiket Masuk Lembang Park ; Zoo 2020 Buat Liburan Akhir Pekan

&;Terbaru, Harga Tiket Masuk The Great Asia Africa Lembang per September 2020

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ingin Berwisata ke Tahura Saat Pandemi, Begini Caranya

Temukan solusi untuk kebutuhan transportasi, pengiriman barang, layanan pesan antar makanan, dan yang lainnya di sini.

SHARE : share facebook share twitter share linkedin